Tari Jaipong Tarian Khas Jawa Barat

Tari Jaipong Tarian Khas Jawa Barat 


A. Pengertian Dan Sejarah Tari Jaipong 

Tari Jaipong merupakan sebuah Tarian tradisional yang berasal dari daerah jawa barat (Masyarakat Sunda), Menurut sejarahTari Jaipong ini di ciptakan oleh seorang seniman sunda yang bernama H. Suandayang berasal dari Kota Karawang, H. Suandaini lah yang kemudian mempopulerkan tari Jaipong ini, dengan mengadakan pertunjukan tari Jaipongan ini di berbagai daerah di Jawa barat sehinnga masyarakat mulai mengenal bahkan mulai mengembangkan tarian Jaipongan ini.

Seiring dengan perkembangan zaman dan Ilmu pengetahuan dn teknologi kemudian tari jaipong ini mulai di kenalkan melalui media kaset dengan nama Suanda Grup yaitu pada tahun 1976, dan masyarakat pun memberikan respon yang positif dengan pengemasan Jaipong dengan kaset ini, sehingga tarian jaipong ini mulai berkembang dan menyebar luas ke seluruh Jawa Barat bahkan di negara Indonesia ini.

Seiring dengan perkembangan dan Penyebaran Tari Jaipong di Indonesia khusunya daerah Jawa Barat, tari jaipong ini mulai di kembangkan oleh masyarakat, seperti yang dilakukan oleh salah seorang seniman yang bernama Gugum Gumbira, seniman yang bernama Gugum Gumbira ini mulai mengembangkan Tari Jaipong di daerah Bandung beliau menggabungkan kesenian sunda sebelumnya seperti Kliningan, Ketuk tilu, ronggeng bahkan Pencak silat kedalam gerakan jaipongan sehingga menjadikan tarian Jaipong yang memiliki rangkaian gerak yang indah.

Untuk gerakan Tari Jaipong ini memiliki gerakan yang luwes dan lembut dan energik sehinnga masyarakat khususnya masyarakat yang berada di daerah Jawa Barat sangat menyukai tarian jaipong ini dan menjadikan tari jaipong ini sebagai hiburan rakyat dalam kegiatan kemasyarakatan seperti syukuran desa atau juga peringatan hari Ulang tahun kemerdekaan RI.


Tari Jaipong Tarian Khas Jawa Barat

B. Fungsi Tari Jaipong

Tari Jaipong ini merupakan salah satu kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Jawa Barat, yang menjadikan Tari Jaipong ini sebagai salah satu kebanggan, bahkan tarian Tradisional ari Jawa Barat ini telah menjadi salah satu kesenian andalan dari Negara Indonesia, hal ini dibuktikan dengan di tampilkan nya Tari Jaipong dalam Pertunjukan kebudayaan Internasional.

Dalam perkembangan  nya Tari Jaipong ini memiliki beberapa Fungsi, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai Sarana Hiburan.

Pada dasar nya Tari Jaipong ini memang diperuntukan untuk sarana hiburan masyarakat, sehingga dengan diadakannya pertunjukan Tari Jaipong ini masyarakat dapat terhibur bahkan tidak jarang masyarakat ikut melakukan tari Jaipong dan mengikuti alunan musik pengiring tari Jaipong tersebut.

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Tari Jaipong ini berfungsi juga sebagai sarana Komunikasi antar masyarakat, karena apabila dilakukan pertujukan Tari Jaipong ini masyarakat akan berbondong-bondong untuk melihat tari Jaipong tersebut sehingga akan terjalin Komunikasi antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

3. Menjadi Daya Tarik Kesenian dan Pariwisata.

Dengan semakin berkembangnya Tari Jaipong di masyarakat Jawa Barat , hal ini akan menjadi daya tarik para wisatawan, baik wisatawan domestik atau pun wisatawan mancanegara. hal ini disebabkan karena para wisatawan ini penasaran akan Tari Jaipong ini sehingga mereka akan datang untuk melihat pertunjukan Tari Jaipong ini dan tidak menutup kemungkinan para wisatawan akan tertarik untuk mempelajari Tari Jaipong ini.

C. Gerak Tari

Dalam Tari Jaipong gerakan Tari dilakukan cukup sederhana yaitu terdiri dari beberapa gerakan dasar diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Galier .
  2. Gilek.
  3. Ukel.
  4. Selut.
  5. Tepak Bahu.
  6. Capang.
  7. Nyawang.
  8. Lontang Kiri/Kanan.
  9. Duduk Deku.
  10. Seser.
  11. Sirig.
  12. Mincid.
Untuk lebih jelasnya mengenai gerakan Tari Jaipong dapat Sobat Baca "DISINI"

Apabila kita pernah menyaksikan pertunjukanTari Jaipong kita dapat melihat perpaduan antara gerakan ketuk tilu, Pencak Silat dan gerakan ronggeng yang melebur dalam suatu rangkaian gerak yang indah dan enak untuk di lihat, seorang penari Jaipong haruslah memiliki kelentukan tubuh yang bagus akan tetapi di samping kelentukan penari juga harus memiliki gerakan yang tegas.

Dalam prakteknya kebanyakan penari yang melakukan Tari Jaipong ini adalah kaum perempuan karena kaum perempuan akan memiliki gerakan yang luwes dan juga enak untuk di tonton, akan tetapi pada saat ini tari Jaipong ini banyak juga dilakukan oleh para Laki-laki. dan terkadang dalam suatu pementasan Tari jaipong ini dilakukan secara berpasangan atau pun berkelompok sehingga Kekompakan dan keserasian gerak penari Jaipong ini akan menambah keindahan dan keunikan dari gerakan tari Jaipong ini.

D. Musik Pengiring.

Dalam suatu pementasan tari jaipong ini di iringi poleh suatu alunan musik, musik ini akan menghasilkan perpaduan yang indah antara gerakan penari dan juga alunan musik yang dihasilkan, akan tetapi yang mencolok pada iringan musik ini adalah suara dari Gendang karena gendang ini berfungsi sebagai Pengatur tempo dari keseluruhan irama musik, sehingga apabila Gendang di tabuh lebih cepat maka gerakan dan iringan musik pun akan mengikuti tempo dari gendang tersebut.
berikut ini merupakan Alat Musik Pengiring dari Tari Jaipong diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ketuk
  2. Rebab
  3. Goong
  4. Kecrek
Akan tetapi seiring dengan perkembangan Zaman dan Ilmu pengetahuan Musik pengiring Tari Jaipong ini tidak dilakukan oleh serangkaian alat Musik akan tetapi pada saat ini musik pengiring ini cukup dengan rekaman dari musik pengiring yang di kemas dalam media berbentuk Kaset atau CD sehingga akan lebih praktis dan tidak memerlukan Personil gamelan yang banyak.

Demikian lah sedikit pembahasan tentang Tari Jaipong Tarian yang berasal dari jawa Barat, Semoga bermanfaat untuk sobat Sekalian. Terimakasih atas kunjungan nya.

Sumber:adatradisi.xyz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu karedok lenca

Pengertian Batik Mega Mendung